Gw Yakin masih bisa ngeBLOG di 2013

Posted: 5 Januari 2009 in Ga Penting Banget, Sok Pinter, Yang Paling Garing
Tag:, , , ,

Malam minggu 4 Januari 2009, sesampainya kembali di Jakarta setelah liburan di desa*) halaman selama hampir 2 minggu, rasanya males banget keluar rumah. Sepertinya gw masih terlalu cape untuk jalan keluar di malam minggu itu.

Iseng-iseng liat EXTRAVAGANZA.
Tak kuduga, salah satu tayangannya menghadirkan MAMA LAURENT sebagai narasumber untuk ramalan di 2009.

Yang bikin gw heran kok tega-teganya si Mama (walaupun tidak secara langsung) menyebutkan bahwa tahun 2012 bakal terjad kiamat.

Dia bilang bahwa dia tak bisa lagi melihat dunia di tahun 2013.
Itu berarti umur dunia cuma sampe 2012.

Gw sungguh sangat-sangat menyayangkan pernyataan sang Mama.
Kalopun emang seandainya dia tahu dan diberi anugerah untuk bisa melihatr masa depan, tak semestinya dia menyampaikan hal tersebut.

Bener-bener mendahului nasib.

Dan anehnya hampir seluruh komunitas-komonitas di jagat maya membicarakan soal kiamat di tahun 2012 tersebut.

Salah satunya di sini

Gw pribadi sangat yakin di tahun 2013 pun gw masih bisa ngeBLOG.
Itu juga kalo gw masih dikasih umur. heheheh

*) gw lebih seneng nyebut DESA dari pada KAMPUNG
Secara, desa terdengar lebih sejuk, alami, dan pastinya EKSOTIs bila dibanding dengan kata KAMPUNG yang terkesan kumuh, kotor dan ga beraturan.

Komentar
  1. Mama Lauren tidak bilang akan kiamat, hanya akan ada perubahan besar di tahun 2013.

  2. iwan mengatakan:

    Mama Lauren bilang dia tidak bisa melihat dunia di tahun 2013, maksudnya, ada selubung yang membatasi pandangannya, bukan berarti dunia tidak ada di 2013, cara anda menyimpulkan komentar orang sangatlah berbahaya, bahkan untuk anda sendiri … kiamat tidak dapat diketahui secara sudah ditulis bahwa tidak ada orang yang tahu kapan kiamat tiba … tapi juga saya pernah dengar dari kitab suci bahwa ada suatu saat dimana sepertiga penduduk dunia akan disapu oleh Tuhan, yang baik masuk surga, yang jahat ke neraka … sayang saya tidak hapal ada di kitab/surat apa

  3. john mengatakan:

    Yach,kita sebagai makhluk ciptaan ALLAH tetep harus percaya sama ALLAh jangan percaya ama mama loreng

  4. Farijs van Java mengatakan:

    perasaan kok beda yak, ama cerita temen gw tadi pagi. dia blg kl mama loreng di tahun itu sdh tdk bs meramal lg. “kekuatan”nya ilang, katanya. trus aja gw blg berarti beliau meninggal, dong. hwehe.

  5. Yudhi Abe mengatakan:

    mama lauren gak bisa melihat ke tahun 2013 tapi kenapa dia tau bahwa yang jahat akan musnah dan agama jadi satu? aneh

  6. ziy mengatakan:

    mungkin tahun 2012 mama lauren mati x,,makanya dia ga bisa liat apa yg terjadi di tahun 2013

  7. garing mengatakan:

    hahaha…. setuju banget ziy

  8. farah mengatakan:

    hm…….
    appapun iaannx terjadi..
    maw kiamat atoo engga……
    pada inti_nya kita pasti akandd meninggal ugga kand???
    ngapain mikirin kiamat..
    belum tentu kita bisa ngerasain kiamat …
    bener ga???
    tapi aku pribadi sich ga percaya,he….._^

  9. farah mengatakan:

    eh bentar deeh farah pengen nanya mohon dijawab iiaa……..

    “apa cee arti kiamat ittu buwad x_an???”

  10. mavrik mengatakan:

    Untuk semua lpisan penduduk bumi,saya hanya menghimbau biarlah ini menjadi sebuah “Misteri”.Inilah teka-teki dari Yang Maha Kuasa.Kita semua tidak akan pernah tau kapan hari Kiamat itu akan datang.Yang kita lakukan sekarang adalah terus berpikir positif tentang masa yang akan datang.

  11. boerhan mengatakan:

    tidak satu orang pun tau kapan datangx hari kiamat….

    tapi q pernah mendengar ceramah dan membaca buku2 islam bahwa jatuhx hari kiamat terjadi pada 10 Muharram di hari jum’at

    Allahu Alam

  12. Briggit mengatakan:

    Abis nonton Mama Laurent, ditambah nonton The Day After Tomorrow… Kalo bener2 “kiamat” tuh seperti yang digambarin di TV, gw yakin gw mati duluan… Soalnya gw gak bisa berenang dan phobia ama daerah yang ditutupi air yang banyak…😦

  13. mahesa mengatakan:

    :)) mama lauren klo emank bisa ngeliat masa depan, trus dia bilang ga bisa liat 2013, dia dah meninggal tuh.😀
    no offense😛

  14. Billy Koesoemadinata mengatakan:

    gue setuju sama mahesa,, bisa jadi mama lauren pas lewat 2012, udah ga ada lagi di dunia ini😛

  15. rose mengatakan:

    wah kenapa mama loreng bilang gituw yach…???
    apa dunia ini udah terlalu berat buat nurunin harga sembako yang melambung tinggi…..
    jadi di taon 2013 gak bisa diprediksi lagi keadaannya……
    jangan dulu dunk gw kan belon nikah….
    hahahahaaaaaaaa

  16. intan mengatakan:

    adk gw pnya sense gitu, dy bilang, kayaknya mama lauren akan meninggal. trus kita harus banyak-banyak beribadah, bkn krn kiamat, tapi,,,,, karena dunia ini sudah sangat tua, jadi harus menambah nilai rapor akhirat, biar jadi 100,,,,
    mungkin sekarang nilai kita masih 5, jadi kita dikejar dengan kematian untuk mengumpulkan nilai hingga sampai 100. gw harap kita bisa melakukannya. amiiin.

  17. chikong mengatakan:

    hmm numpang komen ye
    gw juga ga percaya sih kiamat di indonesia tahun 2012. kenapa mesti di indo coba? udah ancur tambah ancur, jgn rusak negara yg udh ancur, amerika aja sono ancurin.
    Lagian mau kiamat kek, emg si mama loreng panitianya?kalo agama aja ga bisa ngasi tau kepastian kiamat, kita gak boleh percaya sama yang diomongin si loreng apalagi diramal segala. musyrik. yahudi. aphateis. smuanya dah. zz

  18. gilang mengatakan:

    Umur ummat Islam tinggal beberapa tahun lagi.
    imageKiamat akan segera tiba. Begitu tema yang sering diceramahkan muballigh muda, Muhammad Ihsan Arlansyah Tanjung (42). Tema Ma’rifatuz Zamaan atau Mengenal [tanda-tanda] Zaman itu disebarluaskan terus oleh Ihsan dengan “berpegang pada Al-Quran dan hadits-hadits shahih,” tukasnya.

    Salah satu contohnya adalah Al-Quran Surat Muhammad ayat 8, “Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat, (yaitu) kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba. Karena sesungguhnya telah datang syarat-syaratnya.”

    Sedangkan syarat atau tanda-tanda (kecil) kiamat di antaranya tercantum dalam Hadits Riwayat Muslim dari ‘Umar bin Khaththab Radhiallaahu ‘anhu, yang diriwayatkan pula oleh Ahmad dari Ibnu ‘Abbas. Bunyinya, “Apabila budak perempuan melahirkan tuannya, dan ketika penggembala kambing yang telanjang kaki serta kekurangan pakaian tinggal di gedung-gedung tinggi..”

    Apakah fenomena di atas sudah terjadi saat ini?
    “Sekarang ini, anak yang kurang ajar dan suka ngatur orangtua tidak cuma ada di Barat. Di negeri kita yang mayoritas Muslim pun terjadi, anak menyuruh ibunya begini-begitu. Seolah-olah anak itulah tuan, dan si ibu menjadi hamba sahaya,” jelas Ihsan.

    Tanda-tanda lainnya adalah imraatus sibyaan (kekuasaan di tangan anak-anak). Itu bisa berarti bahwa penguasa di rumah tangga adalah anak-anak, bukan lagi orangtua. Atau, yang menjadi penguasa di masyarakat adalah orang yang berkarakter kekanak-kanakan.

    Selain itu, maraknya pemutusan silaturahim antar sesama Muslim. Manusia masa kini rajin menggunakan telepon tetapi untuk urusan bisnis, bukan menelepon orangtua atau saudara. Alasannya sibuk, cari duit. Padahal kata Rasulullah, barangsiapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan diperpanjang umurnya, maka bersilaturahimlah. “Lucu kan jadinya. Kita sibuk cari duit tetapi justeru memutus silaturahim,” ujar muballigh yang setiap Senin ba’da Subuh membahas “Tafsir Fii Zhilaalil Qur’an” karya Sayyid Quthb, di RCTI.

    Apa dan bagaimana huru-hara akhir zaman itu? Kapan akan terjadinya?
    Ihsan Tandjung menguraikan panjang lebar hasil bacaannya dari berbagai kitab kepada wartawan Majalah Hidayatullah, Pambudi Utomo, dan kontributor Nuim Hidayat. Selamat mencermati.

    Melihat fenomena yang terjadi di tengah masyarakat sekarang ini, tampaknya tanda-tanda kiamat atau akhir zaman sudah terjadi semua ya?
    Belum semua. Sudah kira-kira 95 persen, jadi masih ada 5 persen yang belum terjadi.

    Kapan akhir zaman itu tiba?
    Semenjak diutusnya Muhammad bin Abdullah menjadi Nabi, Allah Subhaanahu wa ta’ala sudah menvonis bahwa ummat beliau adalah ummat akhir zaman. Jadi pengertian akhir zaman itu sudah sejak diutusnya Nabi Muhammad Sallallahu ‘Alaihi wa Sallam (Saw) yang merupakan Nabi terakhir. Kenyataan bahwa kita adalah ummat akhir zaman menunjukkan bahwa kita saat ini hidup di akhir zaman.

    Menurut hadits shahih, masa akhir zaman ini terbagi menjadi lima. Pertama, masa kenabian, saat Rasulullah masih hidup. Kedua, masa Khulafaur Rasyidin, mulai Abubakar, Umar, Usman, dan Ali. Ketiga, masa raja-raja menggigit (maalikan ‘adhan), yaitu masa setelah wafatnya Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu ‘Anhu sampai runtuhnya Daulah Khilafah Utsmaniyah (1924). Keempat, masa maalikan jabariyan (penguasa diktator). Kelima, masa kembalinya sistem khilafah.

    Saat ini kita hidup di masa yang mana?
    Sekarang masa penguasa diktator, dan sedang hot-hot-nya. Ummat Islam sedang kalah. Tetapi itu memang sudah sunatullah, bahwa ada kalanya menang, ada kalanya kalah. Kita pun harus optimis, akan tiba waktunya ummat Islam memperoleh kemenangan.

    Kelak penguasa diktator itu bisa dikalahkan kaum Muslimin?
    Begitulah menurut hadits. Kita akan berperang melawan Yahudi, dan Yahudi akan hancur. Yahudi akan diburu sampai manapun, sampai-sampai pohon dan batu pun bicara, “Hai kaum Muslimin, di belakangku ada Yahudi yang bersembunyi!” Kecuali pohon gharqad (semacam kaktus) yang merupakan pohon Yahudi. Jangan heran, sekarang pohon gharqad itu banyak ditanam oleh orang-orang Israel, untuk berlindung dari serangan kaum Muslimin.

    Yang dimaksud Yahudi itu khusus di Israel atau juga termasuk di Amerika Serikat (AS)?
    Yang pasti Yahudi Israel. Kalaupun kemudian Yahudi-Amerika pindah ke Israel, wallahu a’lam. Dan Yahudi yang pindah ke Israel itu berarti menyatakan diri sebagai musuh ummat Islam.

    Dalam sebuah hadits diriwayatkan, sebelum akhir zaman tiba, kaum Muslimin akan berdamai dengan Bangsa Rum. Siapa yang dimaksud Rum itu?
    Saya cenderung menafsirkan Bangsa Rum adalah Eropa. Alasannya bersifat historis. Ummat Islam atau Bangsa Arab diapit oleh dua peradaban besar, yaitu peradaban Barat (Romawi) dan Timur (Persia). Peradaban Barat dipengaruhi oleh tadisi-tradisi ahli kitab (Yahudi maupun Nasrani). Timur dipengaruhi oleh kemusyrikan dan paganisme. Memang, sekarang ada perluasan akibat globalisasi. Pengertian Timur tidak lagi hanya Persia, tetapi juga China, India, dan lainnya. Mereka kategorinya bukan ahli kitab tetapi disebut al-Adyaan al-Ardhiyah atau agama-agama bumi yang banyak sekali dan didominasi paganisme.

    Apakah sekarang perdamaian itu sudah berlangsung?
    Sekarang sedang berjalan, meski semu. Kenapa?
    Karena yang kini memimpin dunia bukan amiirul mu’miniin. Pemimpinnya adalah kalangan Rum, yang mengandalkan tradisi yang campur aduk dengan kebatilan sehingga muncul kezhaliman dan ketidakadilan. Jadi, perdamaian yang sekarang terjadi lebih tepat diartikan sebagai “kesepakatan untuk tidak berperang”. Ini terjadi sejak berakhirnya penjajahan resmi oleh Bangsa Rum terhadap negeri-negeri kaum Muslimin.

    Tampaknya ada kontradiksi. Kaum Muslimin berdamai dengan Bangsa Rum, tetapi saat ini Rum justru dekat dengan musuh abadi ummat Islam yaitu Yahudi?
    Bukan dekat, tetapi pengertian tentang Bangsa Rum sendiri memang sudah campur aduk. Ada Nasrani dan Yahudi-nya sehingga sering disebut Judeo-Christian civilization (peradaban Yahudi-Nasrani).

    Ada pula hadits yang menyatakan, di akhir zaman, Iraq akan diboikot oleh Bangsa Rum. Itukah yang terjadi saat ini?
    Ya, sudah dan sedang berjalan.

    Apa yang akan terjadi setelah itu?
    Kalau mau dirangkai secara kronologis, cukup sulit ya. Tetapi di antara tanda-tanda menjelang batas akhir tanda kecil adalah mengeringnya sungai Eufrat dan ditemukannya gunung emas di bawah sungai itu. Nanti akan berduyun-duyun pasukan dari berbagai bangsa untuk memperebutkan emas itu. Setiap seratus manusia datang, 99 di antaranya tewas karena berebut emas. Dan Rasulullah Saw melarang kaum Muslimin ikut dalam perebutan itu.

    Apakah itu berupa serangan AS dan sekutu nya terhadap Iraq, seperti yang terjadi beberapa saat lalu?
    Kalau itu berebut minyak atau emas hitam.

    Jadi kelak akan ditemukan emas dalam arti yang sebenarnya, bukan emas hitam?
    Saya meyakini itu memang emas yang sebenarnya. Isyarat Nabi tidak cuma bersifat maknawi tapi juga hakiki. Seperti isyarat akan munculnya Imam Mahdi, saya yakin itu bukan kiasan. Sosok Imam Mahdi memang ada. Begitu juga hadits tentang Dajjal. Dajjal adalah oknum atau person. Saat ini oknum Dajjal belum muncul, meskipun sistem dajjal sudah bisa kita rasakan.

    Apa sistem dajjal itu?
    Sistem dajjal adalah sistem kepalsuan, seperti yang berlaku sekarang ini. Orang menyebutnya sebagai The New World Order (Tata Dunia Baru), meskipun kenyataannya malah tidak ada tatanan. Yang disebut pejuang hak asasi manusia justru mereka yang sebenarnya teroris. Sedangkan mereka yang dituduh teroris justru sebenarnya orang yang mulia di mata Allah Swt.

    Apakah yang Anda maksud dengan sistem dajjal itu adalah tatanan kehidupan yang kini dikomandani oleh AS?
    Ya. Itu tercermin dalam lembaran uang satu dollar AS. Bagian depan uang itu bergambar Presiden AS pertama George Washington, bagian belakang bergambar piramid yang terpotong. Letak gambar piramid ada di belakang, sebagai isyarat bahwa di belakang AS itu ada kekuatan lain.

    Di atas piramid ada segitiga bergambar mata satu. Di atasnya ada tulisan annuit coeptis (semoga dia senang dengan proyek ini). “Dia” yang dimaksud adalah si Mata Satu. Di bawahnya ada tulisan novus ordo seclorum (tatanan dunia baru). Artinya, ummat seluruh dunia diharapkan masuk dalam proyek tatanan dunia baru dan menerima kepemimpinan si Mata Satu.

    Orang yang familier dengan hadits-hadits Rasulullah akan paham bahwa yang dimaksud si Mata Satu adalah Dajjal.

    Kapan sosok Dajjal akan muncul?
    Dajjal sudah ada sejak zaman Rasulullah Saw. Hal ini dijelaskan dalam se buah hadits shahih yang panjang, diriwayatkan oleh Muslim dari Fathimah binti Qais. Ada seorang pengembara Nasrani yang terdampar di sebuah pantai, ia turun dari kapalnya kemudian bertemu dengan binatang aneh. Binatang itu mengantarkannya ke sebuah biara.

    Di biara ada seorang lelaki yang terpasung. Si terpasung langsung bertanya, “Apakah sungai Tiberia sudah mengering?Apakah sudah muncul seorang lelaki yang bernama Muhammad yang disebut sebagai Nabi akhir zaman? Apakah lelaki itu sudah diusir oleh penduduk di negerinya sendiri?”
    Pengembara Nasrani itu penasaran, kemudian dia menelusuri Jazirah Arab untuk mencari lelaki yang dimaksud. Dia pun bertemu Muhammad Saw. Dia bertanya kepada Nabi, “Siapa orang yang dipasung itu?”

    Nabi kemudian menyatakan bahwa lelaki itu adalah Dajjal. Namun Dajjal tidak akan muncul sebelum Imam Mahdi keluar.

    Kapan Imam Mahdi keluar?
    Menurut Rasulullah Saw, salah satu tandanya adalah meninggal atau terbunuhnya seorang khali fah. Namun kekhalifahan sekarang kan sudah tidak ada. Menurut saya, khalifah yang dimaksud itu adalah seorang pemimpin negeri Muslim yang sangat nyata. Amin Muhammad Jamaluddin, penulis buku “Umur Ummat Islam” asal Mesir, menafsirkannya sebagai pemimpin Kerajaan Arab Saudi. Kalau memang betul itu, berarti sudah dekat.

    Anda setuju dengan pendapat itu?
    Tidak setuju sepenuhnya. Saya look and see aja. Tetapi saya yakin bahwa hadits yang menyatakan wafatnya khalifah itu memang benar. Menurut hadits itu, kelak Al-Mahdi akan muncul lalu dibaiat oleh sekelompok pemuda di Ka’bah. Penguasa semenanjung Arab akan langsung mengirim pasukan untuk menangkap para pemuda itu. Tetapi pasukan itu akan dibenamkan ke dalam bumi oleh Allah Swt, kecuali dua orang saja.

    Keduanya sengaja diselamatkan agar bisa menceritakan kepada publik bahwa teman-teman mereka telah tenggelam ke dalam bumi. Begitu kabar ini tersiar, semua Mu’min yang paham hadits-hadits shahih tentang munculnya Al-Mahdi akan sadar bahwa Imam Mahdi telah muncul. Mereka akan berbondong-bondong untuk berbaiat.

    Bagaimana jika dihubungkan dengan umur ummat Islam?
    Menurut Muhammad Amin Jamaluddin, ketika dia menafsirkan beberapa hadits mengenai umur ummat Yahudi, Kristen, ummat Islam, diisyaratkan umur ummat Islam itu 1500 tahun. Sekarang sudah 1424 Hijriah, jadi tinggal 76 tahun lagi. Itu belum dipotong waktu perjuangan Muhammad ketika di Makkah, yang memakan waktu 13 tahun. Jadi umur ummat Islam tinggal kira-kira 63 tahun.

    Nah, kalau masa kekhalifahan di akhir zaman –yang menurut hadits akan berlangsung 40 tahun– terjadi pada masa damai, maka huru-hara besar itu akan terjadi dalam kurun waktu kurang dari 23 tahun ke depan ini. Kemunculan khilafah akan didahului oleh terjadinya huru-hara, dimana kaum Muslimin berada di bawah komando Imam Mahdi.

    Kemunculan Imam Mahdi juga akan ditandai dengan munculnya bintang berekor atau komet. Menurut yang saya dengar dari para astronom, komet akan muncul tahun 2022. Jadi kalau pada saat itu muncul Imam Mahdi, sebuah perhitungan yang sangat mungkin. Bisa jadi kemunculan Imam Mahdi justru akan lebih cepat daripada itu.

    Apa ciri-ciri khusus Imam Mahdi itu?
    Menurut Rasulullah Saw, namanya seperti nama Rasulullah dan ayahnya pun sama dengan ayah Rasulullah. Ia juga disebut-sebut ngomongnya kurang lancar, sehingga kalau bicara harus menepuk pahanya dulu. Apakah itu berarti ia gagap, wallahu a’lam.

    Saat muncul, Imam Mahdi berusia berapa?
    Kira-kira seusia Nabi ketika pertama kali perang. Rasulullah pertama kali perang ketika usianya sekitar 55 tahun, Perang Badar.

    Kalau begitu, saat ini sebenarnya Imam Mahdi sudah ada ya?
    Ya, sudah ada, tapi oleh Allah Swt belum dimunculkan. Kalau sekarang kita tidak tahu Imam Mahdi itu siapa, bukan hal yang aneh, karena memang ia fenomena yang akan muncul mendadak.

    Bukankah sudah ada beberapa orang yang mengaku sebagai Imam Mahdi?
    Tidak bisa. Imam Mahdi itu dibaiat oleh 313 pemuda di Ka’bah. Jumlah itu sama dengan pasukan Perang Badar. Baiatnya bersifat terbuka, meskipun sebenarnya Imam Mahdi enggan dijadikan pemimpin. Kalau ada yang mengaku-aku Imam Mahdi, itu omong kosong.

    Apakah kelak Imam Mahdi akan memimpin kekhalifahan Islam?
    Ya. Sebelum itu ia akan memimpin beberapa peperangan dalam rangka meruntuhkan Tatanan Dunia Baru ini. Perang meruntuhkan maalikan jabariyan (penguasa diktator) ini dimaksudkan untuk mewujudkan The Next World Order (Tatanan Dunia Kelak).

    Peperangan apa saja itu?
    Ada empat perang besar. Pertama, perang melawan penguasa semenanjung Arab. Kaum Muslimin menang. Kedua, perang melawan penguasa zhalim Persia, juga menang. Ketiga, pe rang melawan Rum atau Eropa, juga menang. Terakhir perang melawan Dajjal dan 70 ribu tentara Yahudi.

    Ketika Imam Mahdi sedang berkonsolidasi di Damaskus (Suriah), waktu shalat Shubuh tiba. Iqamat dikumandangkan, lalu Imam Mahdi hendak maju menjadi imam. Muncul tanda besar kedua akan terjadinya hari kiamat, yaitu Isa ‘Alaihissallam (As) turun di Menara Putih, masjid sebelah timur Damaskus.

    Imam Mahdi memohon agar Isa yang menjadi imam shalat. Namun Isa As menolak, “Demi Allah, inilah kelebihan ummat Muhammad, sebagian engkau menjadi pemimpin sebagian ummat lainnya. Engkau pemimpin ummat ini, Imam Mahdi, Engkau yang memimpin shalat. Aku menjadi ma’mum.”

    Sesudah shalat, mereka bertolak menuju hari bertemunya dua pasukan. Yaitu pasukan kaum Muslimin yang dipimpin Imam Mahdi dan Nabi Isa As, melawan pasukan Yahudi yang dipimpin Dajjal.

    Perang ini terjadi dimana?
    Persisnya saya tidak tahu, tetapi tidak jauh dari Baitul Maqdis. Menurut hadits, ketik a melihat Isa As dari kejauhan, Dajjal “mengkerut” lalu berusaha kabur. Ia dikejar terus oleh Nabi Isa sampai akhirnya terbunuh di pintu Lod, salah satu pintu masuk ke Baitul Maqdis. Dajjal tewas tertusuk tombak. Nabi Isa As lalu mengangkat tinggi-tinggi tombak itu, supaya orang-orang yang selama ini percaya pada Dajjal dan menganggapnya sebagai Tuhan, menyadari bahwa sikap itu keliru.

    Kekhalifahan nanti pusatnya dimana?
    Pusatnya di Baitul Maqdis.

    Setelah umur ummat Islam berakhir, apa yang terjadi kemudian?
    Menurut hadits, setelah khilafah berdiri, kemakmuran akan terjadi dimana-mana. Pada masa itu tetap ada orang kafir, sampai pada masa tertentu Allah Swt mendatangkan tanda akhir zaman, yaitu hembusan angin sepoi-sepoi dari arah Yaman (selatan). Itu terjadi setelah wafatnya Isa Ibnu Maryam. Semua orang Islam, hatta yang hanya punya keimanan sebiji zarah, akan menghirup udara itu dan meninggal dengan damai. Ya sudah, selesai. Berakhi rlah umur ummat Islam.

    Di dunia tinggal ummat yang kafir 24 karat. Terjadilah kekacauan dan kehancuran luar biasa, karena tidak ada lagi amar ma’ruf nahiy munkar. Nabi menggambarkan, saat itu manusia tak akan malu-malu bersenggama seperti keledai di jalanan. Makkah dan Madinah dihancurkan, sehingga datanglah kiamat yang mengerikan. Alhamdulillah, ummat Islam tidak akan mengalami fase penghancuran yang amat mengerikan itu.

    Tidak banyak ulama atau ustadz yang concern bicara tentang tema akhir zaman. Ihsan Tandjung pun menyadari hal itu. Bahkan ia kerap mendengar celoteh masyarakat, yang mengungkapkan ketidaksukaannya kepada muballigh yang bicara tentang akhir zaman, syurga, dan neraka. “Masyarakat kita menganggap kehidupan akhir zaman sebagai hal yang tidak penting,” Ihsan menyimpulkan.

    Meski begitu, Ihsan tetap percaya diri untuk terus maju. Imam Mahdi, Dajjal, Armageddon, kiamat, adalah kosakata yang kerap meluncur dari bibirnya ketika ceramah. “M asyarakat harus terus diingatkan,” alasannya.

    Ihsan juga terus mengingatkan agar kaum Muslimin waspada terhadap fitnah kaum Yahudi yang mengepung dari segala penjuru. “Dunia saat ini memang sangat tidak ramah terhadap nilai-nilai keimanan,” ujarnya sewaktu ceramah di sebuah instansi pemerintah di Jakarta.

    Konflik kaum Muslimin dengan Yahudi memang sudah sunnatullah. Ihsan menyebutnya sebagai sunnah at-tadafu’ al-insany (ketentuan Ilahi berupa pergolakan antarmanusia). “Konflik antara ummat Islam dan Yahudi adalah konflik hakiki,” kata penulis buku “Pertarungan Abadi” ini.

    Selain tema-tema memahami zaman, Ihsan juga rajin menyerukan digalangnya ukhuwwah antar harakah Islam. Menurutnya, jika kita menghayati desain besar Allah untuk mengakhiri zaman ini, maka berbagai friksi dan ketegangan yang terjadi di antara gerakan Islam menjadi kurang relevan. “Kita harus semakin rajin merapatkan barisan, seperti pada shalat berjama’ah,” katanya.

    Menurut Anda, kenapa tema tentang akhir zaman kurang disukai oleh masyarakat?
    Tidak aneh, sebab itu sudah diisyaratkan Nabi sejak berabad-abad yang lalu. Kata Rasulullah Saw, “Dajjal tidak akan muncul sebelum ummat manusia lupa membicarakan Dajjal dan imam-imam di mimbar pun tidak menerangkan lagi tentang Dajjal.”

    Rasulullah juga sudah menganjurkan agar kita berdoa usai membaca tahiyat akhir di setiap shalat, seperti diriwayatkan Imam Bukhari. Isi doa itu adalah permohonan agar kita terhindar dari fitnah jahanam, fitnah dunia, dan fitnah Dajjal. Sayang, ummat Islam sering mengabaika n masalah ini.

    Kenapa Anda concern bicara tentang tema ini?
    Huru-hara akhir zaman itu sudah sangat dekat. Ummat harus diingatkan. Kalau tidak, saya khawatir mereka tidak sanggup mengantisipasi huru-hara atau munculnya Imam Mahdi itu. Misalnya, bila nanti Imam Mahdi muncul, mereka tidak bergabung tetapi malah mencaci maki. Bisa saja nanti CNN akan memberitakan bahwa Imam Mahdi itu seorang teroris. Kalau kita ikut-ikutan, kan repot.

    Selama ini, tema akhir zaman biasanya cuma menjadi serpihan-serpihan lepas dari tema yang lain. Padahal Nabi telah menjelaskan kepada kita akan adanya grand design dari Allah. Mestinya ummat berlomba-lomba untuk menyesuaikan diri dengan grand design itu, yang pasti akan tetap berjalan terlepas apakah kita setuju atau tidak.

    Kita jangan cuma mengandalkan otak sendiri dalam merancang perjuangan. Kekalahan ummat Islam saat ini sudah amat parah, bagaimana otak kita akan mengalahkan musuh?
    Kalau kita di suruh membuat pesawat F-16, belum tentu dalam waktu 100 tahun bisa. Tentu saja kita tidak boleh menjadi fatalis. Kita harus berbuat semaksimal mungkin. Dan ada satu momentum yang harus diantisipasi. Begitu momentum itu datang, namun kita tolak, maka berarti kita kehilangan peluang untuk menjemput kemenangan. Kita harus terlibat di dalamnya.

    Ada sebagian orang berpendapat, hadits-hadits tentang akhir zaman itu derajatnya tidak sampai mutawatir. Bagaimana menurut Anda?
    Saya ini bukan ahli hadits ya. Tetapi tanda-tanda akhir zaman yang ditulis para ulama rasa-rasanya tidak pernah luput membahas tentang Imam Mahdi.

    Apa yang seharusnya dilakukan ulama, berkaitan dengan huru-hara akhir zaman?
    Mestinya para ulama banyak berbicara tentang ini, harus bisa menjadi sumber ilmu bagi kita. Anehnya, justru orang yang menulis buku-buku akhir zaman berasal dari orang teknik. Misalnya Amin Muhammad Jamaluddin, penulis buku “Umur Ummat Islam”, berlatar belakang insinyur. Belakangan ia baru menempuh S-2 di Fakultas Da’wah Universitas Al-Azhar, Kairo. Bukunya itu betul-betul spektakuler dan menjadi best-seller.

    Kenapa bukan ulama yang menulis itu?
    Jangan-jangan ini sebuah isyarat bahwa kelak ketika Imam Mahdi datang, beberapa ulama akan menolak sebagaimana pendeta-pendeta Yahudi-Nasrani menolak Nabi Muhammad. Tidak mustahil pula ada aktivis harakah yang akan menolak kedatangan Imam Mahdi itu. Dan sebaliknya, orang Islam yang saat ini masih bergelimang kemaksiatan tidak mustahil bisa menjadi prajurit-prajurit yang bergabung dalam barisan Imam Mahdi. Beragama itu bukan urusan ilmu semata, tapi juga amal.

    Anda pernah mendiskusikan dengan para ulama tentang kekhawatiran di atas?
    Secara formal belum.

    Anda berencana melakukannya suatu saat?
    Pasti. Tapi tunggu dulu lah, sebab sebagian mereka sekarang sedang sibuk menyongsong 2004 (sambil tersenyum). Nanti kalau suasananya sudah adem.

  19. hawa_1601 mengatakan:

    hmm. klo si ‘mama’ ntuh g bisa ngliat d taun 2013, berarti umur dia cm ampe sgitu.😀
    haha.
    lgian kiamat kan cm ALLAH yg tau. bisa aja dateng nya hari ini ato bsok kan?
    tpi yg penting qt harus ttp beribadah.😀
    n jgn percaya kyk gtuan. sama aja menyekutukan ALLAH.😀

    *blog walking..*

  20. silvi mengatakan:

    saya si sebenarnya juga ga percaya ramalan. tapi yang saya tahu sekarang dunia memang sedang menuju pada perubahan besar. israel secara membabi buta dan demikian buas layaknya binatang barbar membumihanguskan palestina. padahal jelas2 yang nyaplok negara orang itu jelas israel. berita terkini dari TVone nyebutin kalo israel akan menyerang iran. semua tau, iran dan israel sama2 punya nuklir. dan saya yakin iran adalah negara yang tidak takut sama ancaman negara manapun, termasuk AS (enggak kayak kita, sby kan mBABU ke AS, hahaha). bisa dibayangin kalo benar itu terjadi, wah bisa saja terjadi perang dunia ketiga. dunia arab pun dari berita yang dilansir slah satu media elektronik tadi malam menggelar pertemuan darurat. dan seperti kita tau negara2 arab (tidak termasuk UEA yang pro AS) adalah negara2 dengan orang2 yang berani jihad dan ga takut mati. bayangin aja kalo mereka nyerang AS dengan teror2. dan AS lantas membabi buta seenaknya sendiri nyerang negara lain (baca:arab, bisa2 pecah perang terbuka yang makin meluas. wallahu’alam. semoga dunia ini aman dan damai..

  21. omiyan mengatakan:

    jika kita masih mempercayai adanya Tuhan maka ramalan manusia tidak ada artinya

  22. lintang sari mengatakan:

    dalam beberapa literatur banyak tertulis tentang tanda2 kiamat. dan memang sekarang tanda2 itu sudah banyak yang terjadi, salah satunya jumlah perempuan lebih banyak dari laki2. tp ada tanda2 lain yang g kalah penting tapi jarang dibahas, yaitu tentang suatu tanda bahwa orang berlomba2 untuk beramal dan bersedekah akan tetapi yang disedekahi g ada karena orang2 sudah tidak butuk sedekah lagi yang berarti sudah kaya semua. nah selama masih banyak orang miskin (karena memang kebijakan negara untuk mensejahterakan rakyat jg masih susah,tp bukan brarti aku senang lho) kiamat Insya Allah belum waktunya. lagian tanda lainnya yang lebih ekstrim kan telah terlulis dalam literatur2 juga. bakal terjadi perang 2 kelompok muslim yang sama2 mengaku benar. ulama mentafsirkan sebagai perang antara sunni-syi’ah. trus berakhirnya ulah israel-yahudi, dll. baca deh di Al Quir’an. pasti terjawab!!! kalo menanggapi mama laurent sih, aku g terlalu ambil pusing. mama laurent aja g bs meramal atau melihat masa depan kapan dia mati. menurut aku sih peramal2 kayak gitu malah mirip provokator dalam aksi2 demo. mempengaruhi jalan pikiran orang. sejatinya ramalan manusia kan cuma buat sensasi aja. apalagi kalo ntar ngomongin takdir. nah kalo aku tahu aku ditakdirkan bodoh, trus buat apa aku sekolah tinggi2 toh juga tetep bodoh.

  23. dony mengatakan:

    kt mama loreng semua agama akan bersatu menjadi 1 agama masalah nya,1 agama itu islam apa agama nya dajjal jd hati2 semua y,yg pntng jadikan ini sbgi pacuan untuk beribadah lebih giat(bkn langsung kawin)heheheheh……

  24. Aas Radja mengatakan:

    Aku siap perang untuk Islam ku.aku semangat untk berjuang untuk Islamku.aku yakin Allah bersama kita memerangi pasukan kafir.

  25. intamy mengatakan:

    yeahhh………. gak mau takabur deh!!!
    akhir dunia tu kan ditandai salah atu nya gak da lagi umat muslim di bumi ni…..
    nah, insya allah taon 2012 umat muslim masih banyak kok!!! mungkin isu-isu yang banyak beredar tu tentang kiamat 2012 or berapalah, da positifnya juga buat kita untuk semakin dekatin ‘n berpasrah diri ama yang di atas “ALLAH SWT”
    yups… gak usah terlalu dipikirin coy…
    di taon 2012 aq juga masih pengen nulis coment buat blog baru kamu…. hehehehehe…………..

  26. liana mengatakan:

    kalo mama loreng sudah tahu 2012 mo kiamat, knp dia tidak segera bertobat n mempersiapkan diri bwt menghadapi kiamat yak…?????

  27. teddy johan mengatakan:

    kalo menurut saya hanya ada 2 kemungkinan dari ramalan mama lauren yaiti: 1. dunia terjadi bencana terbesar selama ribuan tahun. 2. umur mama lauren tidak sampai 2013 (maaf ya mama lauren). karena saya merasa nanti pada akhir tahun 2012 dan awal tahun 2013 akan ada seseorang yang sangat terkenal meninggal dunia, dan cukup mengemparkan, banyak yang sedih dan merasa kehilanganterutama penduduk indonesia. dan saat itu akan muncul penyakit yang sangat menakutkan dan belum ada obatnya. gejolak hati manusia makin tidak menentu. yang banyak yang sangat percaya pada agamanya, hati nya akan goyah, sehingga pindah keajaran yang tidak benar, karena ajaran itu memberikan semua kehendak hati. maka itu kita jangan serakah dan naif. percayalah agama yang kita anut sekarang dan diakui pemerintah adalah yang benar. berbuat lah sesuai ajaranya. sabar dan jangan sampai goyah. terakhir, DIDUNIA INI TIDAK ADA YANG GRATIS, SEMUA HARUS DIRAIH DENGAN KESABARAN. JADI JANGAN MENCARI YANG MUDAH DAN DI IMING IMING KEJAYAAN DAN KENIKMATAN, PADAHAL SEMUA ITU HANYA SEMENTARA DAN SEMU. TERIMA KASIH

  28. TUNY, mengatakan:

    ide bagus tu mama lauren….. kenapa ga kemaren-kemaran kiamatnya…..?aqkan bisa syap2 bekal……

  29. hablumminalloh mengatakan:

    Assalammu’alaikum warohmatulloh wabarokatuh

    Para Blonger yang terhormat, untuk mengetahui perkembangan masalah yang dibahas ini anda bisa mengakses http://hablumminallah.wordpress.com semoga dengan telah mengakses situs ini, pengetahuan anda semakin bertambah.

    Demikian, terima kasih

    Wassalammu’alaikum warohmatulloh wabarokatuh

    Jakarta, 16 September 2009
    26 Ramadhan 1430H

    ttd
    Insan Hablumminalloh

  30. ya percaya ga percaya sihc!!! ya berdoa aja supaya ga kiamat

  31. iera mengatakan:

    waaaaaaaaaah sokk tau bgt sich mama laurenttt

  32. Castol mengatakan:

    Hai komentator diatas !kalian pada takut dengan ramalan kiamat?makanya tobat-tobat-dan taaaauubat dari kekejian hati,pikiran,dan perbuatan kalian shg mau kiamat sekarang atau 2012 no problem….hi.hi.hi………………………..

  33. Castol mengatakan:

    Makanya hai saudara-saudaraku uruslah iman kalian bek-baek jangan cuma urus harta dan nafsu belaka sama teori-teori dari otak yang cuman secuil itu,jadi kiamat 2012? Siapa takut???????????

  34. ALFAINSYAH mengatakan:

    The Mayans, Egyptians, Nostradamus, have all have predicted that a galactic alignment shall occur on December 21 2012, modern astronomers have confirmed this as fact. The Book of Revelation in the Bible also predicts that the end-of-the-world will come, in fact the world-religions: Christianity, Judaism, Hinduism, Buddhism, and Taoism have all predicted that Doomsday will occur.

    Many also believed that the year 2000 was suppose to be the end, however, nothing happened. Will December 21 2012 be a similar situation with a lot of hype and then nothing? Most likely nothing will happen?? Why are people making even more of a fuss this time around?

    2012 end of the world is probably not going to be Armageddon like the media and Internet Blogs would have you believe. It’s very interesting though, why all the fuss? Eventually another global catastrophe is bound to occur, but will it by chance be on December 21? I really don’t think any major global catastrophe will happen around that same time frame, but we’ll just have to wait and see.

    The Mayans really believed that 2012 end of the world would actually be more of a transition phase, pointing to a new period in time. Eventually mankind will have to change and continue to adapt naturally to the world climate. Remember change usually starts at the family level, after that the government, and after that the world. The Mayan’s were a very superstitious race and they almost certainly would have believed back then that the world would eventually come to an end no later than December 21 2012. They could be way of base on their predictions; we really don’t know for certain? It could even be sooner or it may be later?

    Throughout history, there have been many prophecies of the end of the world. Many which attempt to get specific end up being proven wrong by virtue of the world continuing to exist. Others haven’t been proven yet one way or the other, because their dates haven’t come yet. 2012 prophecies are among the latter group. More at: http://www.2012worldcountdown.com.

    Offline, there have been some rumblings about 2012 prophecies, but online is where there are many mentions of this theory. Every forum seems to have at least one thread about 2012, bloggers who are willing to discuss things of this nature have jumped on it, and there are several sites about it.

    So what are these 2012 prophecies? Basically, they all stem from one root fact: The ancient Mayan calendar ends in 2012. This fact is believed by Mayan-prophecy adherents to signal that the entire world will end at that point; that the Mayans didn’t bother to make another calendar because they figured they wouldn’t need one.

    Specifics of this world-ending vary depending on who is interpreting the data. Some believe the world will end with a cataclysmic natural disaster, such as a meteor strike, while others who want more believability tone it down a bit and claim that it will be “the end of the world as we know it” rather than an outright destruction of the planet itself. There is a bit of interesting science thrown in, like the fact that there is projected to be an event known as a galactic eclipse on December 12th, 2012. This is only supposed to happen every 28,600 years. 2012 prophecy believers think this may herald some major changes for the Earth.

    Needless to say, skeptics abound. Even though some other Mayan prophecies seem to have been accurate, these skeptics point out several logical holes in the 2012 prophecies. Among these counterpoints are simple observations like the fact that Mayan culture may have simply ended before their scholars could put together another calendar. Others say that the Mayan calendar system consisted of set periods far longer than one year, and this one just happens to end in 2012. They claim there is no special significance to this at all.

    Like most nebulous prophecies, there are points and counterpoints revolving around every possibility whether for or against. The only way to know for sure, unfortunately, will be to wait until 2012 and see what actually happens.

  35. ALFAINSYAH mengatakan:

    mama koreng mao mati maka nya dia bilang gx bisa melihat tahun 2013
    bukti di ada gosip mama koreng sakit_ sakitan
    wkwkwkwkwk
    wkwkwkwkwkwkwkwkwkw
    GW mao kiamat itu 100.000.000.000.000.000.000.000.000
    tahun lagi
    soal nya gw lom kaweeeennnnn

  36. ALFAINSYAH mengatakan:

    Pada 18 Juni kemarin, peneliti-peneliti Jepang mengumumkan berita bahwa pencarian teoretis mereka untuk sebuah massa besar di luar Tata Surya kita telah membuahkan hasil. Dari perhitungan mereka, mungkin saja terdapat sebuah planet yang sedikit lebih besar daripada sebuah obyek Plutoid atau planet kerdil, tetapi tentu lebih kecil dari Bumi, yang mengorbit Matahari dengan jarak lebih dari 100 SA. Tetapi sebelum kita terhanyut pada penemuan ini, planet ini bukan Nibiru, dan bukan pula bukti akan berakhirnya dunia ini pada 2012. Penemuan ini penemuan baru dan merupakan perkembangan yang sangat menarik dalam pencarian planet-planet minor dibalik Sabuk Kuiper.

    Dalam simulasi teoretis, dua orang peneliti Jepang telah menyimpulkan bahwa bagian paling luar dari Tata Surya kita mungkin mengandung planet yang belum ditemukan. Patryk Lykawa dan Tadashi Mukai dari Universitas Kobe telah mempublikasikan paper mereka dalam Astrophysical Journal yang menjelaskan tentang planet minor yang mereka yakini berinteraksi dengan Sabuk Kuiper yang misterius itu.
    jadi lo jangan percaya sama mama korengggg

  37. ALFAINSYAH mengatakan:

    Planet X pada kiamat 2012 bukan planet Nibiru
    Ditulis oleh FariZ 17 April 2009 komentar (0)

    Bagian luar Tata Surya masih memiliki banyak planet-planet minor yang belum ditemukan. Sejak pencarian Planet X dimulai pada awal abad ke 20, kemungkinan akan adanya planet hipotetis yang mengorbit Matahari di balik Sabuk Kuiper telah membakar teori-teori Kiamat dan spekulasi bahwa Planet X sebenarnya merupakan saudara Matahari kita yang telah lama “hilang”. Tetapi, mengapa kita harus cemas duluan akan Planet X/Teori Kiamat ini? Planet X kan tidak lain hanya merupakan obyek hipotetis yang tidak diketahui?

    Teori-teori ini didorong pula dengan adanya ramalan suku Maya akan kiamat dunia pada tahun 2012 (Mayan Prophecy) dan cerita mistis Bangsa Sumeria tentang Planet Nibiru, dan akhirnya kini memanas sebagai “ramalan kiamat” 21 Desember 2012. Namun, bukti-bukti astronomis yang digunakan untuk teori-teori ini benar-benar melenceng.

    Pada 18 Juni kemarin, peneliti-peneliti Jepang mengumumkan berita bahwa pencarian teoretis mereka untuk sebuah massa besar di luar Tata Surya kita telah membuahkan hasil. Dari perhitungan mereka, mungkin saja terdapat sebuah planet yang sedikit lebih besar daripada sebuah objek Plutoid atau planet kerdil, tetapi tentu lebih kecil dari Bumi, yang mengorbit Matahari dengan jarak lebih dari 100 SA. Tetapi, sebelum kita terhanyut pada penemuan ini, planet ini bukan Nibiru, dan bukan pula bukti akan berakhirnya dunia ini pada 2012. Penemuan ini adalah penemuan baru dan merupakan perkembangan yang sangat menarik dalam pencarian planet-planet minor di balik Sabuk Kuiper.

    Dalam simulasi teoretis, dua orang peneliti Jepang telah menyimpulkan bahwa bagian paling luar dari Tata Surya kita mungkin mengandung planet yang belum ditemukan. Patryk Lykawa dan Tadashi Mukai dari Universitas Kobe telah mempublikasikan paper mereka dalam Astrophysical Journal. Paper mereka menjelaskan tentang planet minor yang mereka yakini berinteraksi dengan Sabuk Kuiper yang misterius itu.
    Photobucket
    Sedna, salah satu objek di Sabuk Kuipert.

  38. rama mengatakan:

    Bagi yang mau beli necklace / kalung dengan pandent/liontin kalender bangsa maya
    pandent Bangsa maya dengan fitur design yang sangat mirip dengan aslinya dibuat oleh profesional pengerajin jewelry dari Bali. kami membuat dua versi necklace kalender bangsa maya yaitu dengn Perak/silver dan dengan emas/gold
    harga sangat terjangkau untuk anda.
    kami juga membuat berbagai pilihan chain/rantainya.
    lihat gambar: model A,B,C,D,E,F,G
    hubungi Rama di Bali
    Hp : 081 933 108 461 (24 jam call service)
    Email: made.rama21@gmail.com
    (bila anda diluar Bali maka ada biaya tambahan pengiriman)

    kami juga membuka peluang bisnis / line bisnis bagi siapa saja, dimana saja jika ingin memasarkan neklace kalender bangsa maya 2012 ini.

  39. ALFIANSYAH mengatakan:

    mama koreng maoo mampusss tuuuu atiii2 aja
    ketularan penyakit nya

  40. SURAM mengatakan:

    HALAH ANGGP AJA TAON 2012 MANK DAH BATES NGAMAL..
    JADI TAHUN 2013 DAH GA ADA YG PERCAYA MA RAMALAN!!
    NIE KAN YG NGMNG PRAMAL,SKR TGL KITA YG BUKTIIN,KL GA TRJADI YA BERATI PRAMAL ITU BOHONG SMUA!!
    CM ASAL SEBUT,GW JG BS BLNG LOE LOE PADA BESOK GW RAMAL PASTI BOKER DI WC!!
    WKWKWKWWK

  41. ondel-ondel mengatakan:

    “MADESU = MASA DEPAN SURAM” itu mah bukan ramalan tapi “boker” itu kewajiban mas suram, bedakan dulu yang “haq dan bathil” , “Primer – Sekunder”, ramal itu = prediksi, prediksi = perhitungan itu bisa dua jalanya 1. menggunakan jin (umum), 2 Jin khusus, menggunakan Jinya Allah, jin mu sendiri (akal), “Akal dan matahati” berilmu dan berakhlaq mulia, berilmu contohnya yahudi, punya ilmu teknologi, komputer, kedokteran, berakhlaq mulai mempunyai tabiat yang diridhaoi allah,

  42. ondel-ondel mengatakan:

    “Orang kafir apabila melihat gejala-gejala dan kemukzizatan Allah selalu mengatakan itu adalah siri yang terus menerus”, mengapa karena dalam hatinya condong pada kesesatan dan mengiktui sebagian ayat-ayat muthasyabihat, untuk menimbulkan fitnah dan mencari-cari taqwilnya,
    Sekarang kalau saya katakan kiamat besok dan kamu berubah seketika menjadi seorang beriman, dengan menjadikan diri sebagai hamba allah yang taat siapa yang senang dan bahgia apakah saya ? apakah muhammad ? alquran itu adalah buku pentunjuk dan bagi siapa yang ingin mendapat petunjuk maka “iqro bismirobbiqa halaqo” bacalah diri, bacalah alam, bacalah sekitar kita, dan ambil hikmah dan pelajaran dari semua itu termasuk “kiamat” membaca alam semesta ini, maka kamu akan tahu betapa kecilnya alam semesta ini dibandingkan diri anda”

  43. jabon mengatakan:

    jadi ingat masa di rantau orang,,,
    seneng-seneng susah..hehe

  44. Luka mengatakan:

    ga bs liat 2013 karna beliau sudah meninggal sebelum 2013

  45. this guide mengatakan:

    Hello my family member! I wish to say that this article is amazing, nice written and come with almost all important infos.
    I would like to look more posts like this .

  46. Rurin mengatakan:

    Gak bisa ngelihat soalnya orangnya udah meninggal..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s