Hari Kartini = Kontes Pakaian Jawa

Posted: 21 April 2008 in Sok Pinter
Tag:, , , , , , ,

Ibu Kita Kartini

Ibu Kita Kartini
Putri Sejati
Putri Indonesia
Harum namanya

Ibu kita Kartini
Pendekar bangsa
Pendekar kaumnya
Untuk merdeka

Wahai ibu kita Kartini
Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
Bagi Indonesia

kartini RA

Hari ini, 21 April.

Pemerintah bilang setiap tanggal itu adalah hari untuk memperingati Ibu Kita Kartini. tapi kok ga libur ya? hehehe…. lubur mulu.

Trus sebenernya apa sih makna di balik Hari Kartini itu? Yang gw pahami sih dari kecil itu kalo Hari Kartini datang adalah adanya Lomba Kontes Pakaian Jawa terbaik. Soalnya di skolahan gw dulu tiap taun dari eS De sampe eS eM Pe selalu ngadain yang namanya peringan Hari Kartini itu. dan kegiatannya itu2 aja. sampe sekarang mungkin.

Kalo menurut gw sih peringatan Hari Kartini ga mesti selalu harus berpakaian daerah Jawa yang pake konde-kondean itu. apa karena beliau berasal dari Jawa? Apa mungkin kalo saja Kartini-nya berasal dari daerah Papua kita pun bakal ngikutin berpakaian seperti orang Papua nantinya? nggak khan?

Begini….

Kalo menurut gw, yang mesti kita tonjolkan dalam memperingati Hari Kartini ini adalah semangatnya. Kita pupuk dan kembangkan semangat anak-anak perempuan atau remaja putri di lingkungan kita untuk mempunyai Visi atau pandangan kedepan, baik itu cita-cita untuk dirinya sendiri nanti sebagai apa maupun untuk kemajuan daerah dan bangsanya.
Jangan melulu lomba yg diadain itu cuma berobjek ke pakean doang, kebanyakan gitu kan?.
Jadi kesannya Hari Kartini itu adalah hari untuk lomba berpakaian seJawa mungkin. Dan pastinya biaya yang dikeluarkan untuk hal2 semacam ini tentunya ga sedikit.
Bayangin aja, mereka mesti sewa pakaian, ke salon, sewa sanggul, dan peralatan lainnya. Hwhwhwhwh…

Akan lebih baik lagi kalo momen itu kita gunakan untuk menanamkan semanagt ke-Kartinan-nya. Misalnya dengan memompa anak / remaja putri dengan kegiatan yg lebih bermakna dari sekedar kontes-kontesan itu.

Kalo pun diadain lomba-lombaan kayak gitu, mungkin yang lebih menitik-beratkan pada visi / cita-cita / harapan mereka kedepan untuk kemajuan bagi dirinya sendiri maupun bagi daerah dan bangsa tentunya.

Hwhwhwhwh…. sok pinter bangets.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s